“SMPN 1 Jiwan, Pawiyatan Berdisiplin, Berbudi Pekerti Luhur, Berwawasan Kebangsaan dan Lingkungan Hidup.”

Selasa, 24 September 2013

Seni Karawitan

Ekskul Seni Karawitan


Budaya Jawa yang satu ini telah diminati tidak saja lingkup nasional tetapi telah mencapai lingkup internasional. Budaya ini memiliki keunikan yang luar biasa dari segi keserasian dan keselarasan permainan alat musiknya ditambah lagi dengan kekompakan para pemainnya.
Seni karawitan adalah musik Indonesia yang berlaras non diatonis (dalam laras slendro dan pelog) yang garapan-garapannya sudah menggunakan sistim notasi, warna suara, ritme, memiliki fungsi, sifat pathet, dan aturan garap dalam bentuk instrumentalia, vokalis dan campuran, enak didengar untuk dirinya maupun orang lain (Suhastjarja,1984).
Di SMPN 1 Jiwan ekstrakurikuler ini cukup banyak peminatnya, baik siswa putra maupun putri. Dan bapak/ibu guru pembina pun juga banyak yang antusias membimbing para siswa. Satu kali dalam sepekan mereka latihan dengan penuh semangat sehingga syukur alhamdulillah mereka mendapatkan hasil yang cukup menggembirakan. Mereka dipercaya untuk mengikuti lomba karawitan tingkat provinsi Jawa Timur mewakili Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun.
 Rajin dan tekunlah berlatih ya, agar menjadi mahir. Dan kelak bisa menjadi pelatih-pelatih muda berbakat.
* Red. BlogTim
Ayo segera kirimkan posting Anda.

PHBA Maulid Nabi

SMP NEGERI 1 JIWAN MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW Pengajian Umum bersama Ustadz Ismail Hasan (Da'i 5 Negara) I. LATAR BELAKANG Na...

“To educate a person in mind and not in morals is to educate a menace to society” (Mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman mara-bahaya kepada masyarakat) Theodore Roosevelt