MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI KONSEP
DESAIN LOKAL MENUJU STANDART INTERNASIONAL PENDIDIKAN
Oleh:
Oleh:
Syukrul Hamdi, S.Pd
Mahasiswa PPS UNY Program Studi
Pendidikan Matematika
Abstrak
Kecerdasan
merupakan salah satu hal yang bisa diusahakan. Dengan kata lain, kecerdasan
tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik yang hanya bisa dibawa dan
dihasilkan sejak lahir melainkan bisa diusahakan dengan menciptakan kondisi
lingkungan dan orang-oang terdekat yang menjalin komunikasi secara intensif
dengan seseorang, baik itu keluarga, guru atau pendidik maupun masyarakat
lainnya yang ada di sekitar lingkungan tempat hidup seseorang.
Di dalam
lingkungan pendidikan formal setiap siswa harus diberikan ruang dan waktu
seluas-luasnya agar bisa mengembangakan cipta, rasa dan karsa yang dimiliki.
Hal ini dimaksudkan pula agar setiap potensi yang dimiliki tidak terpendam
hanya dengan penekanan pada satu aspek yang tidak begitu dominan di dalam
membantu seseorang untuk mandiri. Sekolah dengan standar internasional tentu
memiliki keunggulan yang lebih spesifik dibanding dengan sekolah biasa. Hal itu
disebabkan karena semua materi dan sistem pembelajaran yang dilaksanakan telah
disesuaikan dengan kebutuhan dan standar dunia, lengkap dengan sarana dan
prasarana yang memadai. Oleh sebab itu, setiap materi atau objek yang menjadi
sasaran pengembangan peserta didik harus disesuaikan atau dikondisionalkan
dengan semaksimal mungkin. Dalam artian, materi atau objeknya bersifat dinamis
atau tidak terikat pada ruang lingkup definisi tertentu yang bersifat konstan
serta disesuaikan dengan kondisi ril yang berpihak kepada pengembangan
masyarakat secara menyeluruh.
Matematika sebagai
salah satu disiplin ilmu yang bersifat primer memiliki tingkat kesukaran yang
cukup tinggi di dalam pelaksanaannya. Untuk itu, ..... Selengkapnya baca di elvi rodiyah.