“SMPN 1 Jiwan, Pawiyatan Berdisiplin, Berbudi Pekerti Luhur, Berwawasan Kebangsaan dan Lingkungan Hidup.”

Rabu, 04 Maret 2015

Peduli Lingkungan

GERAKAN LIMA MENIT PEDULI LINGKUNGAN



JIWAN - Setelah membaca Asma'ul Husna, Surat-surat pendek Al-Quran dan berdoa bersama di halaman sekolah, sebelum masuk kelas seluruh siswa kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Jiwan bergerak bersama-sama memungut sampah dan mencabut rumput di lingkungan sekolah dan di sekitar kelas mereka masing-masing. Mereka kelihatan antusias walaupun masih ada sebagian siswa yang kurang sungguh-sungguh bahkan menghindar melakukannya.
      Kegiatan yang lamanya hanya 5 menit itu memang menjadi kebiasaan baru setiap pagi bagi siswa-siswa SMP Negeri 1 Jiwan. Sebelumnya, sebelum masuk kelas para siswa  membaca asmaul husna, ayat-ayat pendek dan berdoa bersama dengan harapan agar siswa lebih tenang dan sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran . Sejak Drs. Didik utomo, M.Pd memimpin SMP Negeri 1 Jiwan, gerakan yang diberi nama "5 menit  5 rumput" itu tersebut mulai dilakukan secara serempak oleh seluruh siswa  SMP Negeri 1 Jiwan dibawah komando Wakasek Kesiswaan, Sunarti, S.Pd.
     “Harapan saya dengan adanya gerakan 5 menit 5 rumput, lingkungan sekolah menjadi selalu bersih dan anak-anak belajar perduli terhadap kebersihan lingkungan,” kata Didik Utomo yang baru menjabat kepala SMP Negeri 1 Jiwan sejak Januari 2015 lalu. Ketika ditanya lebih jauh tentang gerakan 5 menit 5 rumput, Didik Utomo menjelaskan bahwa walaupun untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan kelas sudah dilakukan oleh tukang kebun dan para siswa di kelasnya masing-masing secara bergiliran dengan piket, namun gerakan 5 menit 5 rumput ini lebih menggairahkan siswa untuk perduli lingkungan karena dilakukan secara serempak, sebentar dan sederhana namun mempunyai dampak yang besar terhadap kebersihan lingkungan dan kebiasaan siswa untuk peduli lingkungan.

     Selain itu umumnya siswa menyambut gerakan tersebut dengan senang hati karena berdampak baik terhadap kebersihan lingkungan sekolah. “Halaman sekolah dan lingkungan sekolah menjadi lebih bersih sehingga kami merasa lebih nyaman berada di sekolah ini", kata Ditya kelas 8D salah seorang pengurus OSIS SMP Negeri 1 Jiwan.
      Walaupun sampai saat ini masih banyak siswa yang masih kurang perduli terhadap kebersihan lingkungan namun Wakasek kesiswaan, Sunarti  dengan  optimis berharap bahwa  dengan adanya gerakan tersebut kebiasaan buruk siswa membuang sampah sembarangan semakin berkurang dan semoga kedepan para siswa menjadi lebih perduli terhadap lingkungan mereka. (Suyitno, guru SMP Negeri 1 Jiwan)



PHBA Maulid Nabi

SMP NEGERI 1 JIWAN MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW Pengajian Umum bersama Ustadz Ismail Hasan (Da'i 5 Negara) I. LATAR BELAKANG Na...

“To educate a person in mind and not in morals is to educate a menace to society” (Mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman mara-bahaya kepada masyarakat) Theodore Roosevelt