“SMPN 1 Jiwan, Pawiyatan Berdisiplin, Berbudi Pekerti Luhur, Berwawasan Kebangsaan dan Lingkungan Hidup.”

Senin, 14 Desember 2015

LDKS OSIS

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS)
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMP NEGERI 1 JIWAN



LDKS OSIS BERTEMPAT DI BATALYON 501 MADIUN
TAHUN 2018

Sambutan Kepala SMPN 1 Jiwan saat Menghantar Peserta LDKS
ke Markas Batalyon 501 Madiun
Tahun 2018



LDKS In House Training Menghadirkan Personil Petugas dari Koramil Jiwan

Tahun 2014

 



Jumat siang, 14 Oktober 2016 ada 30 pengurus OSIS baru SMP Negeri 1 Jiwan yang baru terpilih berkumpul di salah ruangan di SMP Negeri 1 Jiwan. Mereka bersiap mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) pengurus OSIS masa bhakti 2016-2017 yang diadakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 14 s.d. 15 Oktober 2016. Kegiatan tersebut bertujuan memberi bekal kepada para pengurus OSIS baru dalam menjalani fungsinya sebagai pemimpin yang disiplin dan bertanggung jawab dari seluruh kesatuan OSIS di SMP Negeri 1 Jiwan. Tema yang dipilih dalam kegitan LDK tersebut yaitu “Dengan LKDS Kita Siapkan Kepengurusan OSIS yang Amanah, Kreatif dan Responsif.
Acara diawali dengan upacara pembukaan dan sambutan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan Ida Nurchasanah, S.Pd. Dalam sambutan  pembukaan tersebut dia mengharap agar kegiatan tersebut diikuti dengan baik agar pengurus OSIS yang baru bisa menjalankan perannya dengan maksimal dan memberi contoh bagi siswa/siswi yang lain. Materi kegiatan LDKS antara lain pengetahuan kepemimpinan, keorganisasian, kepalangmerahan, dan Out Bond. Selain itu ada juga Latihan Baris Berbaris (LBB). Umumnya mereka mengikuti seluruh kegiatan dengan senang dan penuh semangat selama 2 hari dari pagi hingga malam hari.

Hall Wisma Cirro Stratus

Kegiatannya sangat padat, penyampaian materi pada malam hari berakhir pukul 22.00 WIB kemudian lewat tengah malam tepatnya pukul 00.30 WIB dilaksanakan shalat malam (meliputi shalat tasbih, shalat hajat, dan shalat witir). Usai shalat malam para peserta digembleng mentalnya dalam acara renungan malam hingga pukul 03.30 WIB. Para peserta diberi kesempatan istirahat sejenak sampai dengan pukul 04.00 WIB kemudian dilaksanakan shalat shubuh berjama’ah dan dilanjutkan Tahfidz Al-Qur’an Surat An-Naba’ secara klasikal. Usai melaksanakan shalat shubuh para peserta melaksanakan kegiatan senam dan dilanjutkan membersihkan lingkungan.
Berpose

Setelah acara bersih-bersih diri dan kemudian menikmati sarapan pagi para peserta bersiap untuk mengikuti kegiatan berikutnya yaitu Latihan Baris Berbaris yang dilatih oleh TNI personil dari Koramil Kecamatan Jiwan. Kegiatan tersebut berlangsung ± 2½ meliputi teori dan praktik.


Kegiatan berikutnya, setelah para peserta beristirahat yang cukup yaitu Out Bond dan sedikit materi tambahan mengenai leadership dari pemateri dari Tim Out Bond. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan out bond tersebut karena mereka tertantang untuk mengeksplorasikan pikiran dan tenaga mereka untuk berkompetisi dengan group atau kelompok pesaing mereka.
“Kami merasa beruntung mendapat kesempatan mengikuti LDK sebagai bekal kami menjalankan fungsi kami sebagai pengurus OSIS”, ungkap Anugerah Rimdhany Fauzan ketua OSIS yang baru menggantikan Bramana Restu Adji.
Sunarti Wakasek Kesiswaan sekaligus Ketua pelaksana mengharap agar kegiatan ini bisa menjadikan pengurus OSIS  yang baru ini bisa perperan aktif dalam mebantu meningkatkan kedisiplinan, ketertiban dan kreativitas siswa SMP negeri 1 Jiwan sekaligus bisa menjadi contoh bagi siswa-siswa lain.

PHBA Maulid Nabi

SMP NEGERI 1 JIWAN MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW Pengajian Umum bersama Ustadz Ismail Hasan (Da'i 5 Negara) I. LATAR BELAKANG Na...

“To educate a person in mind and not in morals is to educate a menace to society” (Mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman mara-bahaya kepada masyarakat) Theodore Roosevelt