“SMPN 1 Jiwan, Pawiyatan Berdisiplin, Berbudi Pekerti Luhur, Berwawasan Kebangsaan dan Lingkungan Hidup.”

Minggu, 23 Juli 2023

Mabit (Pesama)

MALAM BINA IMAN & TAKWA (MABIT)
PESERTA DIDIK KELAS VII
SMP NEGERI 1 JIWAN
Tapel 2023/2024


Jiwan.

Untuk menyambut kehadiran para peserta didik baru maka diperlukan adanya kegiatan pengenalan terhadap lingkungan yang baru di SMP Negeri 1 Jiwan. Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Peserta Didik Baru.

Sesi Bimbingan Baca Al-Qur'an bagi peserta yang beragama Islam di aula

Sebagai kelanjutan dari kegiatan MPLS di SMP Negeri 1 Jiwan memberikan pembekalan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), melalui kegiatan ekstrakurikuler wajib PKBK. Sebagaimana amanah dari pemerintah RI yang tertera di dalam Perpres RI Nomor: 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dan juga Perbup Kabupaten Madiun Nomor: 64 tahun 2016 tentang Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Madiun.
Sesi Bimbingan Belajar secara Kelompok

Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan (PKBK) dilaksanakan dalam kegiatan ekstrakurikuler wajib selama 2 (dua) jam pelajaran setiap minggu pada jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Madiun dirasa sangat kurang. Penerapannya bagi sekolah yang memiliki murid 7 s.d. 9 rombel masih kurang maksimal, terlebih waktu pelaksanaannya pada waktu setelah jam pelajaran terakhir, yang mana kondisi peserta didik sudah lelah dan mengantuk. Belum lagi amanah untuk pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat.


Sesi Shalat Berjamaah di mushalla sekolah

Tujuan Kegiatan

Penyelenggaraan Kegiatan ini bertujuan:

  1. Turut andil membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab;
  2. Turut serta mewujudkan masyarakat agamis yang mempunyai ciri-ciri:
  • Memiliki rasa cinta tanah air; dan
  • Memiliki keseimbangan antara Iman dan Takwa (IMTAK), Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).



sementara beragama Kristen Bimbingan Memahami Al-Kitab di ruang kelas


Sesi Ibadah shalat berjamaah di mushalla

Sesi Materi Keagamaan dan Pemutaran Video Motivasi 
Belajar Al-Qur'an bagi peserta Muslim/ah

PKBK ala pesantren kilat, dengan MABIT (menginap satu malam) sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang beragama Islam agar dapat membaca dan menulis Al Qur’an. Dan bagi peserta didik yang beragama selain Islam disesuaikan dengan agama dan Kitab Suci yang dianutnya.

Maka dari itu dipandang sangat perlu untuk sekolah menyelenggarakan kegiatan Pesantren Satu Malam (Pesama) atau juga disebut Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit) ini.

 

*Red.

PHBA Maulid Nabi

SMP NEGERI 1 JIWAN MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW Pengajian Umum bersama Ustadz Ismail Hasan (Da'i 5 Negara) I. LATAR BELAKANG Na...

“To educate a person in mind and not in morals is to educate a menace to society” (Mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman mara-bahaya kepada masyarakat) Theodore Roosevelt