“SMPN 1 Jiwan, Pawiyatan Berdisiplin, Berbudi Pekerti Luhur, Berwawasan Kebangsaan dan Lingkungan Hidup.”

Sabtu, 30 Maret 2024

Pondok Ramadhan 1445 H

Kegiatan Pondok Ramadhan di SMP Negeri 1 Jiwan
Tahun 1445 H/ 2024

Pembukaan Kegiatan Pondok Ramadhan 1445 H oleh Kepsek

Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Syahras shiyaam.

Di bulan suci yang penuh berkah, ampunan, dan pembebasan dari api neraka SMP Negeri 1 Jiwan sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya mendidikkan akal pikir dan olah kemampuan jasmani tetapi juga sangat penting membekali pemahaman dan pengamalan ajaran agama. Baik agama Islam maupun Non Islam. 

1.      Pelaksanaan

a.       Mengacu kepada surat keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Nomor: 206 Tahun 2024 tanggal 28 Pebruari 2024 tentang Pedoman Kegiatan Ramadan Peserta Didik di Sekolah tahun 1445 H/2024 M melalui Program Paislove Ramadan dan Surat pemberitahuan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun Nomor: 400.3.8.1/953/402.107/2024 tanggal 7 Maret 2024 tentang Pemberitahuan Kegiatan Bulan Ramadhan 1445 H/2024 M.

b.      Program tahunan kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Jiwan tahun 2023/2024 tentang kegiatan di Bulan Ramadhan 1445 H.

Penyampaian tata tertib kegiatan

Shalat Ashar berjamaah di Mushalla Sekolah

Kegiatan Pondok Ramadhan ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia.
  2. Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  3. Menerapkan dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk mental spiritual yang memiliki kepribadian muslim yang kokoh dan mampu menghadapi tantangan negatif yang datang dari dalam maupun luar dirinya.
  4. Memberikan pemahaman dan pengalaman tentang dirasah Islamiyah, wawasan kebangsaan, wawasan lingkungan hidup, citra diri anak saleh, adab pergaulan muslim, kepemimpinan, dan pencegahan penyalahgunaan narkoba.
  5. Memberikan pemahaman tentang moderasi beragama dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
  6. Melatih kemandirian, keberanian, kejujuran, kebersamaan, dan toleransi.
  7. Menyemarakkan syiar Islam di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Melalui kegiatan pondok Ramadhan para peserta didik diberikan siraman ruhani dan diajak mengamalkan ajaran agama Islam bersama bapak/ibu guru dan karyawan terutama dibimbing oleh tenaga-tenaga ahli pendidikan karakter berbasis keagamaan. Mengikuti kajian Islam dan mendengar nasehat-nasehat kebenaran, bermunajat doa, berbuka bersama, beribadah shalat secara berjamaah, dan juga tadarus Al-Qur'an.

Berikut ini jadwal kegiatan pondok ramadhan SMPN 1 Jiwan tahun 1445 H/ 2024 berlangsung selama 3 hari (senin-rabu, 1-3 April 2024) di sekolah dimulai pukul 15.00 sampai dengan pukul 20.30 WIB.

Kegiatan bertema: 
“Mewujudkan Generasi Sekolah yang Taat Beribadah, Berprestasi, dan Berakhlaqul Karimah”

Jadwal Kegiatan Pondok Ramadhan 1445 H/ 2024


Jumlah Peserta:

KelasMuslimKristenPeserta Pondok
VII2175212
VIII2321231
IX2772275
Jumlah7268718

Selanjutnya:
Pelaksanaan Kegiatan Pondok hari ke-1

Pelaksanaan Kegiatan Pondok hari ke-1

Rangkaian Acara/kegiatan:
  • Pada hari pertama kegiatan pondok ramadhan diikuti oleh peserta didik kelas VII sebanyak 7 rombel dan berjumlah 212 siswa/siswi.Dimulai dengan shalat ashar berjamaah, dipimpin oleh Bapak Suharto, S.Pd (Kepala SMPN 1 Jiwan)
  • Dilanjutkan acara pembukaan kegiatan oleh Bapak Kepsek,
  • Penyampaian tata tertib kegiatan oleh panitia,
  • Penyampaian Materi 1 yaitu Kajian Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf oleh Ustadz H. Widono Agung dari Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA) Kabupaten Madiun, Doa/amalan menjelang berbuka puasa,
  • Buka bersama seluruh peserta dan panitia,
  • Shalat Maghrib berjamaah dipimpin oleh Ustadz H. Widono Agung,
  • Tadarus Al-Qur'an secara mandiri peserta kegiatan,
  • Shalat Isya' berjamaah dilanjutkan shalat tarawih hingga shalat witir dengan yang bertindak sebagai imam Ustadz Hafidz Hidayatullah, S.Pd (salah seorang guru pembimbing pendidikan karakter di SMPN 1 Jiwan) dan bertindak sebagai bilal yaitu Ustadz Muhammad Zakki Fathoni, S.Pd (juga pembimbing PKBK).
  • Sebelum diakhiri kegiatan pondok ramadhan pada hari pertama dibekali kultum oleh Alumni Ponpes Cokrokertopati Takeran bernama M. A. Al-Qoyyim mengenai pentingnya menghormati guru untuk kesuksesan dalam belajar.
Kajian Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf oleh Ust. H. Widono Agung

Persiapan berbuka puasa

Selanjutnya:
Pelaksanaan Kegiatan Pondok hari ke-2

Pelaksanaan Kegiatan Pondok hari ke-2

Rangkaian Acara/kegiatan Pondok Ramadhan hari ke-2:
  • Pada hari kedua diikuti oleh peserta didik kelas VIII sebanyak 8 rombel dan berjumlah 231 siswa/siswi.Dimulai dengan shalat ashar berjamaah di mushalla, yang bertugas menjadi imam Bapak Muh. Ali Ma'sum, S.Ag (Guru Mapel PAI)
  • Dilanjutkan penyampaian tata tertib kegiatan oleh panitia, dan penyampaian Materi 1 yaitu Kajian Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf oleh Ustadzah Muti'ah dari Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA) Kabupaten Madiun,

Materi ZIS dan Wakaf oleh Ustadzah Muti'ah (BWA Kab. Madiun)
  • Acara ketiga yaitu penyampaian Materi 2 Keutamaan Amal (tiga amalan yang tidak akan putus pahalanya walaupun sudah meninggal dunia) disampaikan oleh Ustadz M. A. Al-Qoyyim (alumni Ponpes Cokrokertopati Takeran).
Materi Keutamaan Amal oleh Ust. M. A. Al-Qoyyim (Alumni PP Cokrokertopati Takeran)
  • Dilanjutkan melakukan amalan menjelang berbuka puasa (memperbanyak membaca istighfar, shalawat, dan doa-doa).


Persiapan Berbuka Puasa
  • Buka bersama seluruh peserta dan panitia,
  • Shalat Maghrib berjamaah dipimpin oleh Ustadz M. A. Al-qoyyim,
  • Tadarus Al-Qur'an secara mandiri peserta kegiatan, yang melakukan tadarus di sentral Ahmad Khadafi, dkk.
  • Shalat Isya' berjamaah dilanjutkan shalat tarawih hingga shalat witir dengan yang bertindak sebagai imam Ustadz Sutikno (salah seorang guru pembimbing pendidikan karakter di SMPN 1 Jiwan) dan bertindak sebagai bilal yaitu Ustadz Hafidz Hidayatulloh, S.Pd (juga pembimbing PKBK).
Persiapan Shalat Tarawih

Shalat Tarawih Peserta Pondok Ramadhan (masih perlu bimbingan)
  • Sebelum kegiatan diakhiri para peserta kegiatan di briefing di halaman sekolah oleh Ibu Waka Kesiswaan, Semi Purwani, S.Pd.
  • Pukul 20.39 WIB kegiatan ditutup.

Pelaksanaan Kegiatan Pondok hari ke-3

Rangkaian Acara/kegiatan Pondok Ramadhan hari ke-3:
  • Pada hari ketiga diikuti oleh peserta didik kelas IX sebanyak 9 rombel dan berjumlah 275 siswa/siswi. 
  • Dimulai dengan shalat ashar berjamaah di mushalla, yang bertugas menjadi imam Bapak Muh. Ali Ma'sum, S.Ag (Guru Mapel PAI)
  • Dilanjutkan penyampaian tata tertib kegiatan oleh panitia, dan penyampaian Materi 1 yaitu Kajian Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf oleh Ustadzah Muti'ah dari Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA) Kabupaten Madiun,
  • Acara ketiga yaitu penyampaian Materi 2 Keutamaan Amal (tiga amalan yang tidak akan putus pahalanya walaupun sudah meninggal dunia) disampaikan oleh Ustadz M. A. Al-Qoyyim (alumni Ponpes Cokrokertopati Takeran).
  • Pembiasaan amalan ibadah menjelang berbuka puasa; memperbanyak istighfar, shalawat, dan doa-doa.
  • Pembiasaan berbuka bersama seluruh peserta dan panitia kegiatan pondok ramadhan bertempat di halaman parkir sekolah.
  • Pelaksanaan shalat maghrib berjamaah dan dilanjutkan tadarus Al-Quran dibimbing oleh Ustadz Hafidz Hidayatulloh, S.Pd hingga masuk waktu shalat Isya'.
  • Pelaksanaan shalat Isya', tarawih, dan witir bertindak sebagai imam yaitu Ust. Sutikno.
  • Penutupan kegiatan dilaksanakan pukul 20.30 WIB, peserta kegiatan pulang dijemput oleh orang tua/ wali murid.
  • Alhamdulillah, bisa berjalan dengan baik dan lancar. Semoga menjadi kegiatan PAI yang berkesan seumur hidup peserta didik, dan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pengamalan agama dan meningkatkan ketakwaan mereka kepada Allah Swt. Aamiin
Red*

PHBA Maulid Nabi

SMP NEGERI 1 JIWAN MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW Pengajian Umum bersama Ustadz Ismail Hasan (Da'i 5 Negara) I. LATAR BELAKANG Na...

“To educate a person in mind and not in morals is to educate a menace to society” (Mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman mara-bahaya kepada masyarakat) Theodore Roosevelt